Sosok: Khodijah (Menikmati profesi sebagai penjahit)


Menjahit adalah salah satu pekerjaan yang sangat cocok untuk seorang ibu rumah tangga. Bisa dikerjakan di rumah sambil menjaga keluarga. Jadi tidak perlu takut waktu bersama keluarga akan berkurang. Inilah nikmatnya membuka usaha di rumah.

Hal itu juga dialami oleh ibu dua anak, Khodijah. Dia memutuskan untuk membuka jasa menjahit pada tahun 2010. Berbekal ilmu yang didapatkan dari DEPSOS dan BLK serta modal satu juta, dia yakin bisa sukses sebagai penjahit. Dia sangat bersyukur karena mendapatkan mesin jahit gratis dari DEPSOS setelah menyelesaikan belajarnya di sana. Sehingga dia tidak perlu bingung untuk membelinya.

Permulaan jasa Khodijah dibuka manis dengan pesanan seragam karyawan dari salah satu toko di Ramayana Pekanbaru. Dari situ dia jadi semakin bersemangat untuk melakukan promosi. Meski pada awalnya hanya dari mulut ke mulut tapi hasilnya cukup memuaskan. Tujuannya untuk bisa membantu keuangan keluarga bisa terpenuhi.

Usaha Khodijah sempat diberi ujian. Saat itu ada seorang konsumen yang bermaksud memakai jasanya dengan membawa kain sendiri. Sayangnya ketika sudah jadi, konsumen itu merasa tidak puas. Khodijah pun dengan sabar mencari kain pengganti. Namun kain itu tidak ditemukan. Untungnya konsumen mau diganti dengan kain lain yang mirip.

“Menerima kritikan dari konsumen dan belajar dari kesalahan akan membuat usaha semakin maju,” Begitu kata Khodijah saat ditanya tips apa yang ampuh digunakan agar bisnisnya tetap berjalan sampai sekarang.

Berkat ketekunan dan kesabaran Khodijah, ibu yang punya hobi traveling itu bisa mencapai omset lima juta per bulan. Wow! Bukan angka yang sedikit untuk seorang ibu rumah tangga yang bekerja di rumah, bukan?

Pada awalnya jasa menjahit Khodijah hanya menerima pesanan baju dan jilbab, namun baru-baru ini dia juga menjahit umbul-umbul. Hal ini dilakukan sebagai bentuk inovasi agar produk yang ditawarkan semakin bervariasi.

Menilik dari perkembangan fashion belakangan ini, menjahit bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Di desaku ada lebih dari sembilan penjahit dan semuanya memiliki pelanggan sendiri-sendiri. Ada banyak peluang untuk memperluas jasa ini. Misalnya menjadi konveksi besar atau bekerja sama dengan para distributor untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Nah, kamu mau membuka jasa menjahit juga? Siapkan diri agar lebih terbuka menerima kritik dari konsumen, mau bertanggung jawab dan jangan bosan untuk belajar serta memperkaya ilmu. Selamat mencoba!

Bagi yang ingin berkenalan atau memerlukan jasa menjahit Khodijah bisa menghubunginya di sini:

Rumah: RT 03 RW 02 Desa Lubuk Sakai Kec. Kampar Kiri Tengah Kab. Kampar RIAU

FB: Cewe Ajja

WA:  085278211161







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Pelajaran Favorit di Pondok Pesantren

Sosok: Marnan (Berjuang dalam segala kekurangan)

Fiksi: Misteri Ruangan Seni