7 Pelajaran Favorit di Pondok Pesantren


Memiliki pelajaran favorit pasti membuat kita lebih bersemangat dalam belajar. Para santri di pondok pesantren ternyata juga mengidolakan mata pelajaran tertentu. Ini dia 7 pelajaran favorit para santri:

1. Fiqih

Fiqih menjadi pribadinya di kalangan para santri. Hal ini dikarenakan pelajaran Fiqih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, jadi sangat mengasyikkan saat mempelajarinya.

2. Nahwu

Nahwu merupakan ilmu tata bahasa Arab. Saat seseorang menguasai ilmu nahwu maka dia akan lebih mudah menyusun kalimat bahasa Arab. Nahwu membahas tentang kaidah dan cara memberi harakat (baris) suatu kata dalam bahasa Arab.

3. Shorof

Shorof adalah bagian dari ilmu nahwu. Jika nahwu mempelajari kaidah bahasa Arab, shorof mempelajari pembentukan dan perubahan kata dalam bahasa Arab.

4. Bahasa Arab

Bahasa Arab menjadi kunci utama untuk semua pelanggan di pondok pesantren. Kenapa? Karena semua kitab yang dipelajari di pondok pesantren menggunakan bahasa Arab. Sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap santri menguasai ilmu ini agar dapat belajar dengan lancar.

5. Tafsir

Ilmu ini membuat para santri memahami isi Quran lebih detail. Dalam ilmu tafsir ini akan dibahas mengapa suatu ayat atau surat Quran diturunkan. Kepada siapa ayat itu ditujukan, serta menjelaskan setiap kalimat yang ada di dalam Quran. Tafsir membuat kita memahami arti Quran secara keseluruhan dan tidak terpaku pada arti baku perkataan yang terkadang sulit untuk dimengerti.

6. Tajwid

Sulit membaca Quran dengan benar? Jawabannya adalah pelajari ilmu tajwid. Ilmu ini mempelajari bagaimana tata cara membaca Quran dengan baik dan benar.

7. Tarikh Islam

Bagi yang menyukai sejarah, tarikh Islam akan menjadi pelajaran favorit. Ilmu ini mempelajari sejarah Islam. Mulai dari masa sebelum kenabian sampai bagaimana Islam menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Nah, itulah 7 pelajaran favorit para santri di pondok pesantren. Memiliki pelajaran favorit memang menyenangkan tapi alangkah baiknya jika kita tidak melupakan pelajaran yang lain. Cobalah untuk menyukai semua pelajaran, agar semua nilai kita baik. Setuju? Apa pelajaran favorit kamu?

Komentar

  1. Saya suka fiqih mbak meskipun banyak banget yang dibahas dan harus dihafal dan rumit juga kadang :D

    BalasHapus
  2. Kalau saya suka bahasa Arab. Seru :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosok: Marnan (Berjuang dalam segala kekurangan)

Fiksi: Misteri Ruangan Seni