8 Keistimewaan Pondok Pesantren


Apa yang pembaca pikirkan saat pertama kali mendengar kata "pesantren"? Bagi saya, pesantren adalah rumah kedua. Bagaimana tidak, saya menghabiskan 10 tahun tinggal di pesantren. Bagi beberapa orang yang belum pernah merasakan manisnya pesantren, mungkin ada yang berpikir bahwa pesantren identik dengan peraturan ketat dan memaksa. Saya tidak akan menampiknya. Bukankah peraturan dibuat agar kita merasa aman dan disiplin? Tahukah pembaca, selain peraturan yang ketat, pesantren juga memiliki banyak keistimewaan. Berikut keistimewaan pesantren yang menarik untuk disimak:

1. Lingkungan yang agamis

Lingkungan banyak mempengaruhi pembentukan karakter seseorang. Setuju? Pesantren merupakan salah satu tempat terbaik untuk membentuk karakter seseorang karena lingkungannya yang sarat dengan kebaikan.

2. Kegiatan yang agamis

Setiap pesantren memiliki kegiatan-kegiatan agama yang tentunya akan membiasakan seseorang agar selalu berperilaku sesuai dengan aturan agama. Mulai dari sholat berjama'ah, mengaji, sampai mengkaji kitab-kitab agama.

3. Pelajaran agama yang mendalam

Tidak diragukan lagi, saat ingin mempelajari ilmu agama lebih dalam maka pesantren adalah pilihannya. Di pesantren, selain mengkaji kitab agama yang mumpuni, juga ada diskusi khusus tentang ilmu agama. 

4. Persaudaraan yang kuat

Bertemu orang baru dan menjadi akrab, serasa bertemu dengan saudara jauh yang lama tidak bersua. Pembaca akan merasa memiliki banyak saudara ketika tinggal di pesantren. Hal ini dikarenakan hampir semua kegiatan dilakukan bersama sehingga menciptakan keakraban.

5. Kegiatan ekstra yang menarik

Bagi penghuni pesantren seperti saya dulu, kegiatan ekstra bagaikan obat. Dengan mengikuti kegiatan yang sesuai minat, pembaca akan merasa menemukan hiburan di tengah kegiatan pesantren yang padat.

6. Melatih kemandirian

Tinggal di pesantren berarti siap untuk hidup mandiri. Segala hal dilakukan sendiri. Mencuci baju dan piring, menyetrika baju, menyiapkan baju dan buku sekolah. Bahkan ada beberapa pesantren yang mengharuskan memasak sendiri. 

7. Melatih mental pemberani

Berada jauh dari keluarga membuat saya merasa lebih berani secara mental. Di sisi lain, pesantren juga memiliki kegiatan-kegiatan yang dapat melatih keberanian. Misalnya muhadharah dan lomba, baik di dalam maupun di luar lingkungan pesantren.

8. Belajar bahasa asing

Sebagian besar pesantren memiliki program berbahasa asing, terutama pondok modern. Bahasa asing yang biasanya diterapkan adalah bahasa arab dan bahasa inggris. Akan tetapi, beberapa pesantren menambahkan bahasa asing lainnya. 

Itulah 8 keistimewaan pesantren versi saya. Ada yang berminat untuk masuk pesantren? Yuk, ramaikan pesantren!

Komentar

  1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Silahkan tinggalkan jejak agar saya tahu kedatangan anda.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Salam kenal mba.. saya setujuu sama tulisan mba... oiya yang di fotone boleh tau nama pesantrennya apa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mbak annisa. Yang di foto itu Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum. Salah satu pesantren di Pantai Raja Riau. Pesantren saya dulu 😊

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Pelajaran Favorit di Pondok Pesantren

Sosok: Marnan (Berjuang dalam segala kekurangan)

Fiksi: Misteri Ruangan Seni